CATATAN HASIL TRILATERAL DESK PRA – MUSRENBANGNAS: BAPPENAS – KEMENTAN – PEMERINTAH DAERAH

UNTUK PROVINSI JAMBI DALAM : RENCANA KERJA PEMERINTAH TAHUN 2012  PRIORITAS 5 KETAHANAN PANGAN”

1.Untuk pengembangan SL-PTT padi, jagung, dan kedelai, daerah menyetujui rencana Kementan, baik target maupun lokasi. Khusus untukSL-PTT kedelai, Kementan mengikuti lokasi yang diusulkan oleh Daerah, yaitudi Batanghari, Bungu, Merangin, Muaro Jambi, Sarolangun, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, danTebo.

2.Daerah mengusulkan untuk pengembangan kluster sapi ditambah1 kabupaten, dari rencana awal yang terdapat di Renja Kementan sebanyak 5 kabupaten. Sehingga lokasi pengembangan menjadi 6 kabupaten, yaitu Bungo, Kerinci, Merangin, Muaro Jambi, Tebo, dan Sarolangun.

3.Untuk pembangunan RPH, Kementan merencanakan akan dibangun di dua tempat, yaitu Surolangun dan Muaro Jambi. Daerah mengusulkan agar Muaro Jambi dipindah ke Kota Jambi. Kementan untuk sementara menyetujui usulan tersebut.

4.Terkait Program Prasarana dan Sarana Pertanian: (a) untuk tanaman pangan, usulan daerah untuk seluruh kabupaten/kota telah tertampung dalam Renja Kementan tahun 2012; (b) untuk peternakan, Kementan dalam Renja tahun 2012 hanya merencanakan di Kabupaten Merangin, sementara Daerah mengusulkan 9 kegiatan utama untukmendukung peternakan hampir diseluruh kab/kota. Disepakati untuk dibahas lebihlanjut di Musrenbangtan; (c) untuk perkebunan, rencana yang tercantum dalam Renja Kementan tahun 2012 hanya di Batanghari dan Kerinci, sementara Daerah mengusulkan agar kegiatan dilaksanakan diseluruh kab/kota. Disepakati untuk dibahas lebih lanjut diMusrenbangtan.

5.Untuk perkebunan, Daerah mengusulkan peremajaan karet seluas 10.000 ha; sertifikasi bibit kelapa sawit bermutu 200.000 kecambah; percontohan peremajaan kelapa sawit 200 ha dikabupaten bekas PTPN; pengembangan tebu seluas 200 ha di Kerinci; kegiatan rintisan kopi exelso di Jabung Barat-daerah pasangsurut; pengembangan kopi Arabica di kota Sungai Penuh; dan pengembangan pala di kabupaten Kerinci seluas 25 ha.

Tentang robby58

Robby Asti Pratama. SP Seorang Penyuluh THL TBPP Angkatan III Thn. 2009, bekerja di WKPP Aro, Kec. Muara Bulian, Kab. Batang Hari, Jambi. "Hidup adalah perjalanan panjang menuju kemuliaan, kemuliaan adalah memberikan manfaat bagi diri sendiri dan lingkungan. Tak perlulah melihat sejauh mana perjalanan yang telah dan akan ditempuh..."
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s