“Beras Super“ Kaya Zat Besi, Harapan Bagi Bangsa Kurang Gizi

Para ilmuwan Australia menemukan cara menempatkan zat besi di tanaman padi.

Ilmuwan Australia memiliki beras yang diperkaya zat besi sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan zat besi setiap hari. Hal tersebut merupakan sebuah terobosan ilmiah yang bisa membuat makanan super untuk dunia kurang gizi.Terobosan ini menjanjikan dan memberikan solusi bagi yang menderita defisiensi besi dan seng yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Dr Alex Johnson, dari Australian Centre for Genomics Tanaman Fungsional, mengatakan beras rekayasa genetika ini bisa memiliki kandungan zat besi empat kali lebih banyak dan seng dua kali lebih banyak dari padi konvensional.

Beras adalah sumber makanan utama bagi setengah penduduk dunia termasuk miliaran orang di negara berkembang di Asia, tetapi beras dipoles terlalu rendah zat besi, seng dan vitamin A untuk memenuhi kebutuhan diet.

Kekurangan zat besi mempengaruhi lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia, sehingga memicu penelitian untuk menghasilkan biji-bijian dengan nilai gizi yang lebih tinggi.

Tim peneliti-dari tiga universitas di South Australia dan University of Melbourne-adalah yang pertama untuk meningkatkan tanaman padi di rumah kaca dengan tingkat zat besi dan seng yang diinginkan. Uji coba lapangan dimulai di Filipina, bekerjasama dengan International Rice Research Institute.

Bagi para ilmuwan, uji coba ini memakan waktu beberapa musim untuk menentukan apakah padi ini bisa tumbuh dengan benar dan konsisten mengambil zat besi dan seng yang cukup.

http://sinartani.com

Tentang robby58

Robby Asti Pratama. SP Seorang Penyuluh THL TBPP Angkatan III Thn. 2009, bekerja di WKPP Aro, Kec. Muara Bulian, Kab. Batang Hari, Jambi. "Hidup adalah perjalanan panjang menuju kemuliaan, kemuliaan adalah memberikan manfaat bagi diri sendiri dan lingkungan. Tak perlulah melihat sejauh mana perjalanan yang telah dan akan ditempuh..."
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s